Thursday 30 April 2015

Antisipasi Terhadap Masyarakat Masa Depan

PERKIRAAN DAN ANTISIPASI TERHADAP MASYARAKAT MASA DEPAN
A.    Perkiraan masyarakat masa depan
1.        Kecenderungan Globalisasi
Istilah globalisasi ( asal kata : global yang berati secara umumnya, utuhnya, kebulatannya ) bermakna bumi sebagai satu keutuhan seakan akan tampa tempat batas administrasi negara, dunia menjadi amat trasparan, serta saling ketergantungan antar bangsa di dunia samakin besar : dengan kata lain : menjadi dunia sebagai satu keutuhan, satu kesatuan.
2.        Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( iptek )
Perkembangan iptek yang makin cepat dalam era globalisasi merupakan salah satu ciri utama dari masyarakat masa depan. Globalisasi perkembangan iptek dapat berdampak positif maupun negatif, tergantung pada kesiapan bangsa beserta kondisi sosial- budayanya untuk menerima limpahan informasi / teknologi itu. Segi positifnya antara lain memudahkan untuk mengikuti perkembangan iptek yang terjadi di dunia, menguasai dan menerapkannya untuk memenuhi kebutuhan pembangunan. Sedangkan segi negetif akan timbul apabila kondisi sosial budaya belum siap menerima limpahan itu ( pratiwi sudarsono, 1990 : 14 -15).
3.        Perkembangan Arus Komunikasi Yang Semakin Padat Dan Cepat
Serta diketahui, peroses komunikasi meliputi beberapa unsur dasar, yaitu :
1.      Sumber pesan seperti harapan, gagasan, perasaan atau perilaku yang diinginkan oleh pengirim pesan.
2.      Penyandian (encoding), yakni pengubahan / penerjemahan isi pesan kedalam bentuk yang serasi dengan alat pengiriman pesan.
3.      Trasmisi ( pengiriman ) pesan
4.      Saluran.
5.      Pembukasandian (decoding) yakni penerjemahan kembali apa yang di terima ke dalam isi pesan oleh penerima.
6.      Reaksi internal penerima sesuai pemahaman pesan yang diterimanya.
7.      Gangguan atau hambatan (noise) yang dapat terjadi pada semua unsur dasar lainnya.
Perkembangan komunokasi dengan arus informasi yang makin padat dan akan dipercepat di masa depan, mencangkup keseluruhan unsur-unsur dalam peroses komunikasi tersebut. Sumber pesan mencakup aspek kehidupan manusia yakni keseluruhan unsur-unsur kebudayaan, mulai dari sistem dan upacara keagamaan sampai dengan, bahkan terutama sistem teknologi dan peralatan ( koentjaraningrat, 1974 : 12 )
4.      Peningkatan Layanan Profesional
Salah satu ciru penting masyarakat masa depan adalah meningkatnya kebutuhan layanan profesional dalam berbadai bidang kehidupan manusia. Karna perkembangan iptek yang makin cepat serta perkembangan arus informasi yang semakin padat dan cepat, maka anggota masyarakat masa depan semakin luas wawasan dan pengetahuannya serta daya kritis yang semakin tinggi. Oleh karena itu, manusia masa depan tersebut makin menuntut suatu kualitas hidup yang lebih baik, termasuk berbagai layanan yang di butuhkannya. Layanan yang diberikan oleh pemangku profesi tertentu, atau layanan profesional, akan semakin penting untuk kebutuhan masyarakat tersebut.
B.     Upayab Pendidikan Dalam Mengantisipasi Masa Depan
1.      Tuntutan Bagi Manusia Masa Depan ( manusia Modern)

2.      Upaya mengatasi masa depan .

0 comments:

Post a Comment