Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 1 x 20 menit
Skill : writing
Topik Pembelajaran : pronouns
A. Standar
Kompetensi
Menulis
Mengungkapkan makna teks tulis
fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
1. Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek ( misalnya, pengumuman, iklan, undangan
dan lain-lain) resmi dan tidak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
2. Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek( misalnya, pengumuman, iklan, undangan
dan lain-lain) resmi dan tidak resmi dengan ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar, dan berterima dalam konteks.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
§
Mengidentifikasi
macam-macam pronouns.
§
Mengidentifikasikan
contoh-contoh pronouns.
§
Melengkapi
teks dengan pronouns yang tepat.
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
D. Tujuan Pembelajaran
Pada
akhir pembelajaran siswa dapat :
·
Siswa
dapat mengetahui macam-macam pronouns.
·
Siswa
mampu melengkapi teks dengan pronouns yang tepat.
E. Materi Pembelajaran
“ Pronouns”
1. The objective pronouns
(i,you,we,they,he,she,it) are used for the subject of a clause.
Example:
- Should we help those
people ?
- Where did you go last
week ?
2. The
objective pronouns (him,her,me,it,them,you,us) are used for the object of a verb or a preposition.
Example
:
- Mary saw
him on the street.
- John
talked to her for a while.
3. The possesive before a
noun/Possesive adjective (my,his,her,our,their,its,your) is used to show
possesion.
Example
:
- This is
my book
- Where is
your book ?
4. The possesive after a
noun/possesive pronouns (mine,his,hers,theirs,yours) is also used to show
possesion.
Example
:
- This book
is mine, but that one on the table is yours.
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Contextual teaching and learning
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
§ Kegiatan
Awal
-
Guru
memberi salam
-
Guru
mengabsen siswa
§ Kegiatan
Inti
§ Guru memberikan pembahasan berupa
materi pertanyaan tentang pengertian dan macam-macam pronouns.
§ Guru mendiskusikan materi bersama
siswa mengenai pronouns.
§ Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai
materi tentang pronouns.
§ Guru menginstruksikan siswa untuk
mengerjakan latihan tentang materi pronouns.
§
Kegiatan Akhir
§
Guru
memberikan penegasan mengenai materi yang telah diajarkan.
§
Guru
dan siswa menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ Buku Look Ahead 1
§ Penerbit Th.M. Sudarwati and Eudia
Grace
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Membaca dan memahami macam-macam
pronouns.
Menulis pronouns yang tepat.
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Melengkapi
teks
Tugas
individu
|
Read complete this text using the
appropriate pronouns.
Make
writing about the appropriate pronouns.
|
II.
Instrumen Penilaian
Complete this text using the
appropriate pronouns!
Kiran Hasto was born in Mojogedang on April 1st, 1930. (1)He
was educated at state Senior High School 37, Mojogedang and continued (2)his
study at the Diponegoro University, Semarang. (3)He left the university in 1952
with a second class room honors degree in chemistry. Toward the end of that
year (4)his applied for a job and obtained a post as a junior research chemist
in a large pharmacentical firm. In 1954, (5)He met his future wife, Aniswati,
at a seminar and in 1955 (6)they married. (7)They now live in a Bogor Subburb
and have two children.
Dosen Pembimbing sigli,
2 Mei 2015
______________________ __________________
NIP. 13101121029
0 comments:
Post a Comment