RENCANA
PELAKSAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTSN :...................................................
Program :Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran :Sejarah
Kelas/Semester :IX /II
Standar
Kompetensi : 2.Memahami usaha
mempertahankan kemerdekaan
Kompetensi
Dasar :2.1 Mengidentifikasi usaha
perjuangan mempertahanan kemerdekaan Indonesia
Indikator :-Mendiskripsikan
faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflika antara Indonesia dengan
belanda
-Mendeskripsikan
perangdunia internasional dalam konflik Indonesia –Belanda
Alokasi Waktu : 1 x 15 menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik mampu untuk:
1) Mendiskripsikan
faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflika antara Indonesia dengan
belanda
2) Mendeskripsikan
perang dunia internasional dalam konflik Indonesia –Belanda
B.
Materi
Pembelajaran
1) faktor-faktor
yang menyebabkan terjadinya konflika antara Indonesia dengan belanda
2) perang
dunia internasional dalam konflik Indonesia –Belanda
C.Metode
Pembelajaran
1)Pendekatan : Saintifik
2)Srategi :Cooperative Jigsaw
3) Metode :Ceramah, diskusi ,tanya
jawab
D.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuuan
|
·
Memberikan salam
·
Mengkoordinasi siswa /untuk belajar
·
Menayakan kehadiran siswa
·
Menyapaikan tujuan pembalajaran kepada
siswa
·
Menjelaskan materi secara ringkas
|
2
menit
|
Inti
|
·
Siswa mendapatkan penjelasan tentang
model pembelajaran
·
Siswa di bagi ke dalam 2 kelompok yang beranggota
maksimal 10 orang secara hetrogen
·
Guru membagikan bahan untuk setiap kelompok
1)
faktor-faktor yang
menyebabkan terjadinya konflika antara Indonesia dengan belanda
2)
perang dunia
internasional dalam konflik Indonesia –Belanda
·
Siswa mempelajari bahan kelompoknya
masing-masing sampai menguasai
·
Guru mempersilakan ketua kelompok
masing-masing untukbertamu ke kelompok ahli untuk membahas serta mencatat
bahan kelompok ahli
·
Guru mermpersilakan ketua kelmpok
kembali ke kelompok asli untuk melaporkan hasil diskusi kelompok ahli kepada
anggtanya dan anggotanya mencatat hasil diskusi kelompok ahli
·
Kelompok asli menanyakan pertanyaan
kepada kelompok ahli dengan sumber dari bahan kelompok ahli
·
Kelompok ahli mengumpulkan informasi
berdasarkan pertanyaan kelompok asli
·
Kelompok asli menjawab pertanyaa dari
kelompok ahli
·
Kelompok asli menyusun kesimpulan
·
Kelompok asli memaparkan hasil diskusi
dari kelompok ahli
·
Guru memberikan penguatan materi
·
Dari
keompok yang ke 2 melaporkan
|
10
menit
|
Penutup
|
·
Evaluasi untuk mengukur ketercapaian
tujuan pembelajaran
·
Guru mengambil kesimpulan
·
Guru memberikan tugas
·
Mengucapkan salam(penutup)
|
3
menit
|
E.
Sumber belajar
·
Kurikulum KTSP dan perangkat
·
Pedoman khusus pengembangan silabus KTSP
SMP IX IPS
·
Buku sumbe Sejarah SMP IX IPS
0 comments:
Post a Comment