Friday 1 May 2015

Contoh RPP Sejarah SMP

RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTSN                :...................................................
Program                       :Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran            :Sejarah
Kelas/Semester            :IX /II
Standar Kompetensi   : 2.Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan
Kompetensi Dasar       :2.1 Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahanan kemerdekaan     Indonesia
Indikator                     :-Mendiskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflika antara Indonesia dengan belanda
-Mendeskripsikan perangdunia internasional dalam konflik Indonesia –Belanda
Alokasi Waktu            : 1 x 15 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
1)      Mendiskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflika antara Indonesia dengan belanda
2)      Mendeskripsikan perang dunia internasional dalam konflik Indonesia –Belanda

B.     Materi Pembelajaran

1)      faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflika antara Indonesia dengan belanda
2)      perang dunia internasional dalam konflik Indonesia –Belanda
C.Metode Pembelajaran                      
1)Pendekatan           : Saintifik
2)Srategi                  :Cooperative Jigsaw
3) Metode                :Ceramah, diskusi ,tanya jawab 
D. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuuan
·         Memberikan salam
·         Mengkoordinasi siswa /untuk belajar
·         Menayakan kehadiran siswa
·         Menyapaikan tujuan pembalajaran kepada siswa
·         Menjelaskan materi secara ringkas

2 menit
Inti
·         Siswa mendapatkan penjelasan tentang model pembelajaran
·         Siswa di bagi  ke dalam 2 kelompok yang beranggota maksimal 10 orang secara hetrogen
·         Guru membagikan bahan untuk setiap  kelompok
1)      faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflika antara Indonesia dengan belanda
2)      perang dunia internasional dalam konflik Indonesia –Belanda
·         Siswa mempelajari bahan kelompoknya masing-masing sampai menguasai
·         Guru mempersilakan ketua kelompok masing-masing untukbertamu ke kelompok ahli untuk membahas serta mencatat bahan kelompok ahli
·         Guru mermpersilakan ketua kelmpok kembali ke kelompok asli untuk melaporkan hasil diskusi kelompok ahli kepada anggtanya dan anggotanya mencatat hasil diskusi kelompok ahli
·         Kelompok asli menanyakan pertanyaan kepada kelompok ahli dengan sumber dari bahan kelompok ahli
·         Kelompok ahli mengumpulkan informasi berdasarkan pertanyaan kelompok asli
·         Kelompok asli menjawab pertanyaa dari kelompok ahli
·         Kelompok asli menyusun kesimpulan
·         Kelompok asli memaparkan hasil diskusi dari kelompok ahli
·         Guru memberikan penguatan materi
·         Dari  keompok yang ke 2 melaporkan






10 menit
Penutup
·         Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·         Guru mengambil kesimpulan
·         Guru memberikan tugas
·         Mengucapkan salam(penutup)

3 menit

E. Sumber belajar
·         Kurikulum KTSP dan perangkat
·         Pedoman khusus pengembangan silabus KTSP SMP IX IPS
·         Buku sumbe Sejarah SMP IX  IPS    









            

0 comments:

Post a Comment